Festival Budaya Bekasi

Festival Budaya Bekasi

Dalam rangka melestarikan dan mengenalkan budaya Bekasi yang aneka ragam kepada masyarakat. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan menyelangarakan Festival Budaya Bekasi pada tanggal 21 Februari mendatang yang di tempatkan di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Hal itu disampaikan oleh Kadis Disporbudpar, Alexander Zulkarnaen di ruang kerjanya (10/02/10)
“Beragamnya budaya Bekasi yang butuh di lestarikan dan hampir punah maupun tidak di kenal oleh masyarakat Kota Bekasi, Disporbudpar perlu mengadakan Festival budaya ini, untuk mengenalkan maupun mengingatkan bahwa Kota Bekasi punya kebudayaan yang beragam,” ujarnya.
Menurutnya, festival budaya ini akan digelar pada tanggal 21 Februari berbarengan dengan Car Free Day. Rencananya, kata dia, budaya yang ada di Kota Bekasi akan berupa tari – tarian, kerajinan maupun olahraga asli milik warga Bekasi, “Dengan adanya Festival budaya ini, jangan sampai budaya asli Bekasi pudar begitu saja, Namun, dapat dilestarikan kembali melalui festival budaya, karena budaya sangat penting mengingat kebiasaan dari nenek moyang kita,” katanya.
Diakuinya, warga Kota Bekasi yang sekarang ini ada, hampir seluruhnya tidak mengenal budaya asli Bekasi. Pasalnya, kebudayaan Bekasi dengan Betawi hampir mirip. Apalagi, Kata dia, Bekasi sebagai Kota yang sudah menjadi Kota metropolis yang banyak aneka budaya masuk ke Bekasi. “Selain budaya, ada juga kuliner asli Bekasi, misalnya, Tape uli,” katanya.
Sementara itu, warga Bekasi Selatan Budi (20) mengakui sejak dari kecil hingga sekarang, dirinya tidak pernah mengetahui kebudayaan yang ada Bekasi, “Saya harap dengan di adakanya festival budaya, saya maupun warga bisa mengetahui mana saja kebudayaan bekasi maupun kulinernya,” katanya.
Terpisah, Anggota DPRD Kota Bekasi, Sudirman mengatakan, Kota Bekasi memangt memerlukan yang namanya Festival Budaya. Pasalnya, kebudayaan itu harus di lestarikan melalui pengenalan kembali kepada masyarakat. “Kebudayaan, seni maupun kuliner khas Bekasi harus di lestarikan agar tidak pudar dan melekat di segala seluk beluk kehidupan masyarakat, saya pribadi sangat mendukung Festival kebudayaan ini,” katanya singkat. [Chan]

Posting Komentar