Dibantah Mochtar Mohamad, Suap USD 40 Ribu untuk Piala Adipura

Dibantah Mochtar Mohamad, Suap USD 40 Ribu untuk Piala Adipura

Minggu, 28 November 2010 - 17:54 WIB
| More
Dibantah Mochtar Mohamad, Suap USD 40 Ribu untuk Piala Adipura BEKASI (Pos Kota) – Tudingan adanya suap senilai  USD 40 ribu atau sekitar Rp 350 juta untuk perolehan Piala Adipura bagi kota Bekasi dibantah Walikota Bekasi Mochtar Mohamad.
Dana tersebut diduga diberikan kepada tim penilai Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup melalui orang utusan walikota.
“Mana tahu kami timnya siapa, tim penilai Adipura ‘kan ganti-ganti. Tidak adalah  pertemuan itu,” kata Mochtar saat ditanyakan seputar masalah itu.
Ketika disinggung soal pemanggilan KPK dan statusya sebagai tersangka Mochtar menolak menjelaskan secara rinci. Namun ia mengatakan ada tiga soal yang disidik terkait dirinya, dari kasus penyalahgunaan APBD 2010.
Yaitu, piala Adipura, anggaran makan minum, dan dugaan suap untuk memperoleh persetujuan Dewan dalam pengesahan APBD.
Mochtar juga menegaskan, tidak ada perubahan nilai Adipura. Pihaknya, juga tidak melakukan upaya negatif untuk mendongkrak nilai kebersihan Kota Bekasi. Termasuk upaya mengundang sejumlah Menteri ke TPA Sumur Batu dan TPA Bantar Gebang, untuk mendongkrak pundi poin.
“Soal menteri ke Bantar Gebang untuk dongkrak poin, aku nggak tahu itu. Tanya Kementerian Lingkungan Hidup lah,” katanya.
Mochtar tampak gugup ketika ditanya kapan diperiksa. Dia menjawab,
“Susah aku ngomongnya, ” ujarnya.
Dia meminta wartawan menunggu dan menghargai proses hukum yang sedang berjalan.
Walikota yang juga kader PDI-P ini juga meminta wartawan menunggu dan menghargai proses hukum yang sedang berjalan. Selain itu juga meminta masalah yang menjeratnya tidak ditulis di media massa.
Sambil menyatukan kedua tapak tangannya, Mochtar memohon-mohon. “Jangan- jangan inilah, justeru ini memancing. Saya mohon, saya mohon,” pintanya.
Mochtar sempat ingin menjelaskan perihal yang sebenarnya, namun dia
mengurungkan niatnya. “Mau jelasin tapi jangan ditulis,” katanya lagi.
Yang jelas, Mochtar melanjutkan, Adipura diraih berkat kerja keras masyarakat Bekasi. Dia mempersilahkan wartawan bertanya langsung ke warga yang aktif membersihkan kota dan menanam pohon. (Dieni/dms)

Posting Komentar